Pengguna Internet Di Indonesia

Posted by

Apa yang di tawarkan oleh Internet ternyata memberi daya tarik yang cukup besar bagi masyarakat Indonesia. Kemudahan mencari informasi , hiburan , pekerjaan , hingga peluang usaha menjadi Internet sebagai media yang salalu di akses terutama bagi mereka pengguna smartphone pasti setiap harinya tidak akan terlepas dari Internet.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama PUSKAKOM Universitas Indonesia telah menjabarkan hasil survei pengguna Internet di Indonesia semester awal tahun 2015. Pengguna Internet mengalami peningkatkan dibanding tahun lalu sebesar 71 juta menjadi 88,1 juta pengguna.

Berdasar Wilayah di Indonesia :
  1. P.Sumatera = 18,6 Juta Pengguna
  2. P.Kalimantan = 4,2 Juta Pengguna
  3. P.Sulawesi = 7,3 Juta Pengguna
  4. P.Papua = 5,9 Juta Pengguna
  5. P.Jawa = 52 Juta Pengguna
Masyarkat di Pulau Jawa masih mendominasi penggunaan Internet di Indonesia , hal tersebut tidak terlepas dari perkonomian yang semakin membaik di beberapa Kota Besar seperti Jakarta , Surabaya , Yogyakarta , Solo , Semarang , Malang , dan beberapa kota besar lainnya.

 Berdasarkan Umur , usia produktif ternyata menjadi pengguna Internet terbesar di Indonesia
1 . Usia 18 - 25 Tahun = 49 %
2 . Usia 26 - 35 Tahun = 33,8%
3 . Usia 36 - 45 Tahun = 14,6%
4 . Usia 46 - 55 Tahun = 2,4 %
5 . Usia 56 - 65 Tahun = 0,2 %
Namun dari usia tersebut yang berprofesi sebagai pelajar kurang begitu memaksimalkan Internet , padahal jika setiap pelajar atau setidaknya tiap sekolah memaksimalkan penggunaan Internet sebagai sarana mencari Informasi hal tersebut sangat menguntungkan dunia Pendidikan Indonesia.
1 . Profesi Pelajar = 5 %
2 . Ibu Rumah Tangga = 16 %
3 . Tidak Bekerja = 6 %
4 . Mahasiswa  = 18 %
5 . Karyawan & Wiraswasta = 55 %
Harga "Murah" smarphone di Indonesia menjadi salah satu pemicu melonjaknya jumlah pengguna internet. Masyarakat Indonesia mengakses Internet menggunakan Perangkat Mobile mencapai : 85 % , menggunakan Laptop / Netbook sebesar 32 % , dari PC Deskop sebesar 14 % , dan yang menggunakan Tablet sebesar 13% .

Kegiatan apa yang paling sering di lakukan pengguna Internet Indonesia ? ternyata masyarakat Indonesia masih menjadi konsumtif , hal tersebut bisa di lihat dari tingginya kegiatan mengakses Internet untuk nongkrong di Sosial Media , Pesan Instan , Cari Data , Baca Berita , dan Streaming Video.

Sumber : CNN & BloggerBorneo


Blog, Updated at: 21.07

0 komentar:

Posting Komentar

Ads