Dampak Pengguna Internet

Posted by

Internet

Sebelum melangkah lebih jauh maka tidak ada salahnya kan kita bahas sedikit aja mengenai sejarah Internet. Ok , Internet kependekan dari " interconnection-networking" dari nama-nya  su-
dah pasti bahwa Internet merupakan suatu hubungan antar jaringan. Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. 

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Udah segitu aja penjelasan mengenai sejarah Internet , sekarang langsung ke penjabaran dampak - dampak penggunaan Internet. Sadar atau tidak sadar penggunaan Internet ternyata bisa berdampak terhadap kehidupan sosial , loh ko bisa ? " bukankah internet itu sangat menguntungkan ? " ya memang ada dampak positif yang sangat menguntungkan namun ada pula dampak negatif yang bisa sangat merugikan.

1 . Jual Beli Online

Jual beli online saat ini sedang booming , digandrungi hampir semua masyarat Indonesia. Kenapa mudah digemari ? karena dengan jual - beli online memudahkan melakukan transaksi. Seorang penjual bisa menemukan konsumen yang lokasinya jauh dari tempat tinggalnya. Namun sistem ini jadi menimbulkan resiko "penipuan" bisa jadi barang yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang di posting di toko online atau barang yang dibeli tidak juga dikirim.

Dampak lain dari Jual - beli Online adalah kurangnya interaksi antar penjual dan pembeli , semua komunikasi dilakukan via online tanpa bertemu secara langsung. Padahal sebelum adanya jual - beli online berbelanja secara langsung itu sangat asyik , bisa saling tawar menawar dan pembeli bisa tau betul kualitas barang yang di jual. Namun sekarang orang sudah "malas" inginnya serba instan , ketika tertipu langsung deh berkoar - koar seperti srigala kelaparan :D

2 . Sahabat Pena

Dulu sebelum adanya surel (surat elektronik) agar bisa menghubungi teman atau saudara yang jauh kita menggunakan jasa Pak Pos untuk mengirim surat. Rasanya sangat mengasyikan , berdebar - bedar menanti surat balasan apalagi kalau yang dikirimin itu adalah gebetan kita :D pastinya seru banget.

Sahabat Pena merupakan sebutan untuk mereka yang gemar mengirim surat kepada sahabat yang jauh bisa luar kota bahkan luar pulau. Jadi inget dulu waktu masih sekolah ada temen cewek satu kelas yang suka ma cowok , karena cowoknya adalah sahabat gue maka si cewek sering nitip surat untuk diberikan ke sahabat gue jadi kayak pak pos aja :D. 

Surel memang memudahkan berkomunikasi namun secara tidak sadar kita kehilangan aktivitas yang sebenarnya sangat bermanfaat yaitu "Menulis" waktu kecil selalu ditekankan agar bisa baca - tulis , namun sekarang mungkin dirubah menjadi "Baca - Ketik". Padahal menulis itu sangat bermanfaat loh , tidak mudah menjadi penulis yang baik.

3 . Aktivitas Bermain

Ingat dengan permainan Gundu , Layanagan , Lempar Karet , dan permainan - permainan tradisional lainnya ? hemm pasti sekarang sudah terpinggirkan. Apa yang di mainkan anak jaman sekarang ? "Game Online" pasti mereka sangat canggih memainkannya. Satu hal yang pasti anak cenderung menjadi sering beraktivitas dengan monitor namun kurang berinteraksi secara langsung dengan teman sebayanya. 

Kegiatan diluar rumah sebenarnya sangat mengasyikan , dulua yach waktu ujan suka main diluar rumah sekarang orang tua akan berkata jangan main diluar nanti "bla .. bla .. bla .." takut ini itulah. 

Sadar atau tidak internet bisa mempengaruhi kehidupan sosial bermasyarakat , rasa gotong royong bisa jadi berkurang , aktivitas kekeluargaan dengan interaksi secara langsung jadi semakin jarang dilakukan. Mudahnya seseorang memutus hubungan dari surel , sosmed , yahoo mesengger , dan komunikasi online lainnya. Bisa saja Internet memudahkan komunikasi namun , tetap manusia sebagai makhluk sosial harus bisa berinteraksi secara langsung.






Blog, Updated at: 21.27

0 komentar:

Posting Komentar

Ads