Hal - Hal Yang Perlu Di Waspadai Pengguna Facebook

Posted by

Pengguna facebook terus tumbuh berkembang , mulai dari pelajar , pekerja profesional , pekerja seni , hingga politisi sudah sering menggunakan facebook. Apa tujuan mereka menggunakan facebook ? tentu jawabnya sangat beragam , pekerja profesional misalnya. Pekerja yang baik tentu tau apa yang diperbuat agar value dirinya bisa meningkat , menggunakan facebook untuk mempromosikan dirinya ? tentu saja , kenapa tidak.  
Begitu banyak manfaat yang sebenarnya bisa di ambil dari facebook misalnya bisa mempermudahkan komunikasi jarak jauh ,  mendapat gebetan , mempromosikan produk yang dijual , dan tentu saja masih hal - hal bermanfaat lainnya yang bisa di ambil. 

Kalau emang sangat bermanfaat kenapa harus waspada ? "emang'e sesuatu yang baik itu selamanya memberi hasil yang baik juga ? tidak kan"jalan yang mulus aja terkadang bisa membuat penggunanya terlena hingga tancap gas , eh gak tau kalau remnya blong akhirnya ya "bruuk finish".

 Apa hal - hal yang perlu di waspadai saat menggunakan facebook ? berikut pemaparannya :

1 . Update Status 
"Asyiknya jalan - jalan sore hari di taman ... " sadar gak sich bahwa update status seperti itu bisa sangat merugikan , loh ko bisa ? coba dech pikir lagi ketika ada orang yang sedang tidak suka ma kita dan kita tidak ingin menemui orang tersebut , namun karena update status yang menunjukan lokasi  .. maka sudah pastinya BINGGO kau ketahuan .. :D
"lagi malas gak  ingin ngapa²in" duduk aja merupakan suatu kegiatan , masa gak ngapa²in ? hal ini menunjukan kalau orang tersebut kurang menggunakan pemikiran yang jernih (kayak air sumber) :D. Orang lain bisa menilai kalau yang update status kurang kreatif :D
"ternyata ada ya orang yang sukanya ingin menang sendiri , gak tau apa kalau sebenarnya tidak bisa apa - apa. Udah gak bisa kerja sombong pula" hati - hati sob saat membuat status sindirian terhadap orang lain , bisa jadi memang tidak mengatakan secara langsung namun hal ini juga bisa menimbulkan konfilk yang berkepanjangan (busyet so bijaksana banget) .Dampaknya apa ? masalah gak akan selesai - selesai.

Maka sebaiknya update status yang baik - baik aja , setidaknya bisa bermanfaat bagi orang lain dengan begitu setidaknya bisa meningkatkan kepercayaan teman - teman FB ke kita (nasehat dari ketua kampung seperti itu :D )

2 . Pasang Foto 
hemm .. nich biasanya terjadi ma cewek² , pasang foto yang "pantas" kemudian banyak inbox dengan koment yang aneh² , karena terus di inbox akhirnya marah² keluarlah itu bahasa sumpah serapa mulai dari dunia flora dan fauna hingga makhluk yang tidak kasat mata , capek dech.

Hal lain yang perlu diwaspadi dari memasang pasang foto adalah foto tersebut bisa di salah gunakan orang lain , bisa saja menggunakan nama akun palsu dengan memasang foto kalian sebagai profile. Kemudia dia melakukan transaksi beli online / kegiatan lainnya dengan tujuan menipu orang lain dengan menginfokan akun FB palsu tadi .. kalau sudah begitu hemm bisa ruyem sendiri.

3 . Koment Status
Apa salahnya koment status member FB lain? gak ada salahnya,terus ngapain perlu waspada terhadap koment status. Yang perlu diwaspadai bukan komentnya,namun koment yang sesuai dengan apa yang di posting. Ingat ! jangan sampai orang lain anggap kalian orang yang "sarap" dengan memberi koment yang tidak sesuai dengan apa yang di posting.

Orang posting A kalian komentnya B , ya gak nyambung kalau sering dilakukan bisa jadi di cap sebagai spammer , apa mau di cap sebagai sampah di situs jejaring sosial ? pastinya tidak ingin kan.
4 . Tempat Akses Facebook
Entah sadar atau tidak terkadang akses facebook tidak pada tempat yang pas , ko bisa ? iya di kamar mandi update status "malam² mandi , dinginnya minta ampun" gila apa ? apa facebook sudah merasuk ke seluruh tulang , hingga tidak bisa sejenak lepas dari facebook ? adueh. 

Saat bekerja sebaiknya juga tidak perlu akses facebook terlalu berlebihan , masa sedang di metting mesti update status "bosan,dari tadi metting tidak selesai - selesai" kebetulan si manager juga sedang akses facebook dan parahnya lagi si manager jadi teman di facebook , mampus dech pasti mettingnya jadi lebih lama lagi :D. 
 5 . Lama Akses Facebook
Berapa lama waktu yang dipergunakan berselancar di facebook ? 2 jam , 3 jam , atau bahkan 6 jam cuman di gunakan untuk update status , tulis coment , saling sapa via PM. Perhatikan waktu saat akses facebook , ingatlah facebook itu hanyak sebuah titik kecil yang di huni ribuan orang namun orang - orang tersebut tidak semuanya mengenal secara langsung (face to face). 

Pentingnya mengatur waktu agar , tidak menjadi suatu kebalikan di kehidupan nyata karena bisa jadi jago ngobrol secara online namun pas bertemu secara langsung diam seribu bahasa (bahasa batin yang berbicara) :D . 

hal - hal terkecil saat menggunakan facebook tidak dengan bijak , akan menjadi suatu dampak yang serius. Lihat akhir² banyak kasus kejahatan yang awalnya dari pertemanan di facebook , oleh karenanya bijaklah memilih teman dan menggunakan facebook.


 
 









Blog, Updated at: 01.56

0 komentar:

Posting Komentar

Ads